Relaktasi

Dua bulan terakhir, setiap harinya bawa pulang hasil pumping maksimal 2 botol @100ml. Sedikit banget, walau impas dengan jumlah yang diminum Zaq tiap harinya. Ternyata memang anaknya kalau di rumah maunya makan. ASIP cuma mau kalau dia ngantuk. Biar begitu, udah niat untuk nambah frekwensi pumping di kantor, untuk merangsang produksi ASI.

Belum kesampaian, tiba-tiba ada KLB campak di kantor dan aku tertular 😢 Jadilah seminggu nggak ke kantor. Harusnya anak-anak diungsikan, ya, supaya nggak tertular. Tapi banyak faktor yang akhirnya berujung kita pasrah dan anak-anak tetap di rumah, termasuk si bayi 9 bulan.

Namanya bayi, mana dia tau emaknya lagi sakit. Dia taunya pabrik ASI kembali buka 24 jam, and he couldn’t be happier. Satu jam setelah makan pagi, pasti mulai ngak-ngek minta nyusu. Begitu pula setelah makan siang dan sore menjelang makan sore. Belum lagi kalau mau tidur siang dan kalau lagi iseng. Ujungnya nyusu, lah, pokoknya. Setelah seminggu seperti ini, mulai terasa ASI kayaknya makin banyak. Bahkan, sempat kepenuhan dan akhirnya dipompa karena anaknya lagi asyik main, nggak mau minum.

Stimulation is the key when breastfeeding is concerned. Makin sering menyusui, produksi makin banyak. In this case, I have proven it. Yang tadinya mau proses relaktasi lagi, jadinya sekarang tinggal maintain. Setelah udah ngantor lagi, pumping-nya harus ngikutin pola nyusu si Zaq. Dia nyusu juga sebentar-sebentar aja, kok. Jadi pumping juga harusnya nggak perlu sejam juga. Cuma dipersering, idealnya bisa tiga kali selama di kantor.

Sekarang tinggal gimana supaya nggak  keasyikan kerja sampe lupa pumping. Pasang alarm aja kali, ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s