The Day Rory Arrived

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba juga. Si kecil Rory (yang emang badannya mungil) lahir juga di minggu 39. Sama kayak Aria dulu, lahir di minggu 39.

Tanggal 2 Juni, si mbak di rumah pulang kampung. Ijin seminggu karena (katanya) adiknya nikah. Okelah, walaupun dengan rada bersungut-sungut juga gue, lha wong dari awal kerja udah dibilangin I need her to help me take care of Mas while I’m having the baby. Kalo dia pulang, walau ada gantinya kan si Mas Ar belom tentu mau sama si mbak baru? Dulu aja sama dia butuh adjustment sebulan kok… Anywhooooo, karena si mbak pulang, jadilah hari Jumat tanggal 3 itu hari bersih-bersih. The day started as usual. Pagi sebelum cowok-cowok itu pada bangun, bikinin sarapan mereka. Masak air buat mandi mereka nanti. Bikin sarapan buat sendiri dan makan😀 Lanjut lap-lap debu di kamar dan beres-beres kamar bayi. Nggak nyuci dan nggak ngepel. Sebenernya nggak berat sih kerjanya, cuma naik turun tangga aja jadi banyak banget. Berapa kali ya naik turun hari itu?
Sorenya cari AC buat kamar Aria. Masih nggak yakin kamar itu bakal kepake tapi soon or later emang harus dipasangin AC sih. Jadi dengan memperhitungkan inflasi (apa sehhh) kita mutusin beli sekarang. Tempat tidur belakangan hihihihiiii…

Karena emang nggak biasa kerja, capek bener rasanya hari itu. Baringan di tempat tidur enak banget rasanya. Toh, tetep aja tidurnya malem. Nonton TV dulu. I stayed up late. Oiya, gara-gara ada masterchef sama Hell’s Kitchen hihihihiiii… I find Gordon Ramsay cursing for almost an entire episode entertaining😀

Jam 11.48 pm mulai ngerasain sesuatu. Sakit. Masih bisa tahan sih. Gue pikir, ah, braxton hicks kali nih. But my senses told me to stay alert. Ya sudah. Lanjut nonton aja kita. Sambil tetep liat jam dan mantau ada rasa sakit lagi nggak. Well, there was. 12.20 am. Nah, yang ini rada nggak bisa dicuekin nih. Sakit cyinn… Jam 12.26 am nongol lagi. Cuma sebentar tapi annoying😀 Colek-colek Arief. Gue bilang, kok kayaknya mulai kontraksi nih. Dengan mata merah dia ngumpulin nyawa (hihihihi) trus nanya, udah berapa menit jaraknya. Gue bilang masih 20 menitan dan gak seberapa teratur. Gue bilang tunggu aja lagi lah sampe bener-bener yakin kontraksi. Jadilah kita berdua nonton Hell’s Kitchen sambil rada-rada tegang nunggu. 12.43 am, kerasa lagi. Nggak terlalu kuat. Bikin gue bingung. Beneran kontraksi bukan sih? 12.48 am, kontraksi lagi, kali ini rada kenceng. Bikin meringis. Pas jam 1.00 am ada lagi, udah makin yakin deh, I’m in labor. Huwwaaaaaa… Padahal kita ngerasa belom siap 100% nih (salah sendiri, ada waktu 9 bulan nyiapin kok…). First things first, siapin barang-barang Aria. Dia bakal dititipin ke rumah nyokap. Setelah lumayan grabak grubuk nyiapin barang dan masukin ke mobil, jam 2.00 am berangkat. Drop Aria ke rumah mama, langsung ke JMC.

Di JMC, sepiiiiiiiii… Lha iya lah. Jam 2 pagi. Yang jaga di pendaftaran tidur pula. Di IGD gak ada orang. Lumayan lama tuh berusaha bangunin si mbak. Tau sendiri Arief kan suaranya juga lemah lembut begitu, nggak bisa disuruh keras. Padahal emergency yak. Pokoknya setelah beberapa menit berhasil bangunin si mbak, kita langsung ke ruang observasi. Kosong melompong. Rupanya lagi ada partus, bidan semua di ruang bersalin. Ya sudah yang penting aku bisa baringan deh sambil nahan sakit (yang sudah semakin kuat dan sering). Ada ibu-ibu (yang anaknya lagi di ruang bersalin) ngajak ngobrol. Errrr, sebenernya I prefer to be alone ya, apalagi di tengah-tengah hiss begitu. Tapi ya apa boleh buat. Berusaha senyum dan layani sebisa mungkin hihihihi…

Akhirnya datenglah bidan. Pasang monitor jantung bayi dan nunggu. Sekitar jam 3.00 am, setelah periksa dalem, ternyata udah bukaan 5 (!!!!!!!!!). Shock berat. Habisnya masih inget proses lahiran Aria yang 15 jam itu. Nggak nyangka 3 jam setelah kontraksi pertama udah bukaan 5. Dokter udah dihubungi. She’s on the way. The pain is overwhelming. Dan, yang paling serem, setiap kontraksi udah dibarengi rasa pengen ngejan. Gue panik bukan main. Gimana nahannya inniihhh???? Bidannya waktu dilaporin bilangnya, wah jangan dulu bu, belom lengkap bukaannya, tahan dulu. Lha lo kate gampang nahannya???

Pindah ke ruang bersalin jam berapa ya? Lupa… After 3 lah yang jelas. Bener-bener deh itu sakitnya. Kayaknya lebih sakit dari waktu Aria. Yang bikin nggak tahan itu the urge to push. Gue curiga banget itu bukaan udah lengkap makanya kontraksinya udah kuat sampe pengen ngejan aja bawaannya. Cuma berhubung dokter belom dateng ya terpaksa berusaha nyuekin. Tapi asli udah pasrah, kalo emang lahirnya tanpa kehadiran si dokter ya oke lah.

Ada yang rada lucu (or scary, depends on how you see it). Ketuban gue nongol. Bukan, bukan pecah. Nongol. Keluar. Muncul. Down there. *hiiiiiiiiiiiiiiiiiiii* I actually felt it. After one of those nasty contractions, I might have been pushing a bit too hard. I actually pushed a bit of the amniotic sac out. Kepikiran, bujug apaan tuh yang keluar, tapi berhubung masih kesakitan ya diem aja. Arief juga liat. Afterward, dia ngaku, antara serem sama mau ketawa. Understandable.😀
Akhirnya si dokter dateng. Itu jam 4-an kira-kira. Langsung grabak-grubuk siap-siap dan gue diposisi-in yang bener (dari tadi tiduran miring soalnya, in an attempt to keep the baby in :p). Ketuban dipecahin sama si dokter, trus dia nonton, nyuruh gue ngejan. It took a few pushes, berapa ya? 5 pushes I think, karena gue kebanyakan ambil jeda. Mestinya cepet disambung ngejannya. Bidan juga bantu dorong dari perut.

And then, there she was. Heard the cry, it was pretty loud. I saw my deflated tummy and somehow it confirmed it for me. My baby is here. I looked round to find my husband. Held his hand, but didn’t say anything. I couldn’t. I can’t remember if he had said anything, or what his face looked like. Was he teary, was he smiling?

Setelah ari-ari dipotong, bisa IMD deh. She wasn’t even cleaned, as per my request. Langsung ditaro di dada, diselimutin pake handuk yang buat ngeringin badannya. Udah deh, IMD sambil gue dijait (ouch). Dulu waktu Aria juga pake jahitan, tapi kok kali ini nyelekit banget ya rasanya? Kayaknya dulu gak berasa apa-apa. Padahal dokternya sama lho… Awal-awal IMD, tidur dia. Hehehehe… Lumayan lama juga tuh, kayak keenakan. Anget kali ya. Sekitar setengah jam lebih baru dia gusrek-gusrek mukanya. Sampe serem sendiri, abis takut idungnya (yang lagi-lagi persis papanya) ketutup. Akhirnya gue biarin aja dia keguling ke kiri. Tahan kepalanya, udah deh, ngenyot. Heheheheee… Lucu bangettttt… And in my mind, I thought, here we go again. Another round of breastfeeding. Syukurnya udah sempet istirahat beberapa bulan jadi udah lumayan siap emotionally.

Welcome to our life, baby Rory. Let our journey together begin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s