Weaning

Walaupun memang sudah niat, tetep aja ada rasa takjub waktu sadar Aria udah 2 tahun lebih nyusu. I’m grateful, bahkan sampe 15 bulan Aria nggak pake susu tambahan. ASI aja + makan tentunya. I introduced him to plain UHT milk because I wanted him to breastfeed less.

Sebenernya sangat berharap Aria bisa self-wean setelah dua tahun. Entah karena lebih suka UHT, atau ASI sudah nggak mencukupi buat dia, atau merasa sudah besar, anything. Nyatanya, ditunggu-tunggu malah asik aja nyusu terus (˘_˘”). Padahal kondisi gue juga lagi hamil. Sempet pasrah juga, mungkin nanti kalo bayi lahir harus tandem nursing nih. Udah nyiapin mental juga :p Tapi tetep usaha nyapih.

Nah, gue menghindari nyapih dengan cara nempelin macem2 di PD (kan ada tuh, yg pake plester, diolesin kencur, lipstik de el el). Agak-agak nggak tega aja bo’onginnya. I tried talking to him. Explaining why he should stop nursing. But for months nothing seems to work. Nggak tau apa karena emang gue yang kurang oke ngomongnya, kurang telaten apa gimana, Aria tetep aja nyusu at least 3 kali sehari. Udah dibilangin, Aria kan udah besar, minumnya susu sapi aja, kan udah bisa makan juga. Dikasih tau juga, yang nyusu itu bayi kecil yang belom bisa makan, sedang Aria bisa makan dan ngemil. Nihil semua. Cuma berhasil ngurangin frekuensi aja. Perjanjiannya, nyusu hanya kalau mau tidur aja. Including nap. Kadang-kadang kecolongan juga sih, minta nyusu bilangnya mau tidur, eh malah main abis itu. Keki gue.

Jadi, usaha yang (tampaknya) tanpa hasil ini berlangsung sampai Aria 27 bulan. I was in my second trimester. Dan jujur aja, gue udah mulai agak “capek” nyusuin. Mulai ada sebel-sebel gitu tiap kali nyusuin Aria. Duh, jahat ya? Abis gimana dong, kan pengaruh hormon jugak *pembelaan*. Kesel juga, kenapa gue gak bisa nidurin anak sendiri tanpa harus nyusuin.

Perut udah semakin besar, kita mulai makin sering bilang ke Aria bahwa ada adek di perut mama. Dia sih ho-oh ho-oh aja, kayaknya ya tetep nggak terlalu ngerti apa itu maksudnya ada adek. Kalo disuruh sayang, mau sih cium-cium perut gue. Tapi kadang-kadang tetep aja perut gue mau didudukin😮 Horor banget. Eniwei, jadi sekarang “senjata” kita kalo ngebujuk supaya berhenti nyusu adalah: gantian sama adek. Kita bilang Aria udah cukup nyusunya, sebentar lagi gantian sama adek. Dia sih ngangguk-ngangguk aja kalo dibilangin, nyusu jalan terus. (¬_¬”) Sempet juga tuh, 2 hari nggak nyusu sama sekali. Tapi besoknya inget lagi. Pernah juga, setelah dibilangin berkali-kali “Aria, nenennya buat adek ya”, suatu kali dia ngomong dengan muka melas, “buat Aya aja, mama”. Haduuuuuu itu gue hampir nggak tahan mau nolak. Kasian banget. But I stood my ground and gave him lots of hugs and kisses instead. Oiya, ini juga salah satu taktik. Maksudnya supaya dia ngerti bahwa nggak perlu nyusu supaya bisa deket-deketan sama mamanya. I tried to cuddle more often.

One day, Aria duduk di samping papanya yang lagi solat. Tadinya ceritanya solat bareng tapi akhirnya dia malah duduk sambil main aja. Selesai papanya solat & zikir, si papa ngomong, “Aria kan udah besar, jadi nggak usah nenen lagi ya. Nenennya buat adek aja”. Si Aria ngangguk-ngangguk sambil nge-beo, “nenennya buat adek”. Gue senyum-senyum aja ngeliatnya. Emang Aria kerjanya beo-in omongan orang. But who could have known, momen itulah yang jadi turning point. Karena sejak saat itu Aria berhenti nyusu. Go figure. Mungkin suara papanya yang abis solat itu mengandung kekuatan persuasi yang lebih besar dari suara normalnya *apa seh* sehingga bisa nempel di otak Aria. Jadi, Aria berhenti nyusu juga di 28 bulan. Itungannya agak-agak cold turkey nih, soalnya kemarennya masih nyusu kok. Prosesnya bukan proses ideal seperti yang gue bayangkan sih, tapi emang jalannya begitu, mau gimana lagi?

Sampe sekarang emang masih agak susah sih tidurnya. Kalo nggak capek banget, belom mau tidur deh anak itu. Bahkan sempet juga kalo tidur punggungnya harus diusep-usep sampe satu jam! Capek deh mamanya… Tidurnya jadi malem terus, at least jam 10 malem. Biasanya jam 8 udah plessss kalo pake nyusu. Anggep resiko aja lah.

Jadi lumayan deh gue bisa istirahat nyusuin beberapa bulan sebelum sebentar lagi kembali bertugas😀 Come June, I will report back to breastfeeding duty. Hopefully this time, too, I can do it for 2 years. Doakan aku yaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s